Minggu, 06 Maret 2011

seleksi ODP Mandiri

opsesi banget benernya buat kerja di Bank ini sebagai ODP tapi sayang sudah 3 kali test masih belum berjodoh kerja disana...gpp sekarang sudah mendapat ganti yang InsyaAllah lebih baik :)

Seleksi test ODP Mandiri ini ada 6 tahapan (aku dulu ambil test di Surabaya lewat jobfair ITS, Unair dan ITS lagi)

1. Interview Awal
Namanya juga interview pasti isinya wawancara lah...biasanya ada 2-3 pewawancara tapi tiap orang cukup dapat 1 aja...hehe...interview awal ini dalam bahasa Inggris, pertanyaan yang saya dapat sih seputar diri sendiri, Riwayat Hidup, Kuliah dan Pekerjaan Sebelumnya....Pernah juga ditanya tentang apa itu bank dan fungsi bank...tapi tiap pewawancara beda-beda pertanyaannya...untung aku dapet yang seperti itu, jadi gak ribet.....alhamdulillah masih lanjut ke tahap selanjutnya..

2. TOEFL test
Pasti udah pada tau bentuk TOEFL test...rajin2 belajar aja...hehe lebih kurang sama seperti test TOEFL laennya...(dari 3 kali test ODP, sempat gagal di tahap ini 1 kali yaitu pada test ODP yang pertama kali aku jalani)

3. Aptitute Test
Hmm...ini test kalo aku bilang hampir mirip test IQ gitu deh tapi bentuknya beda...Vendornya di outsource dari SHL London, perusahaan Assement yang berkantor di BEJ.... ada 2 tahapan test yaitu : Test Logika dan Verbal, Test Numerikal, dan Test Kepribadian. (melewati test ini 2 kali, 1 kali gagal dan 1 kali lanjut :D)

4. LGD (Leaderless Group Discussion)
Diskusi kelompok neh, beranggotakan 7 orang...membahas kasus yang diberikan...mencari solusi dan memecahkan masalah...hmmm sepertinya harus aktif namun jangan dominan...tunjukan kemampuanmu tapi jangan berlebihan...sepertinya begitu...hehehe namun sayang aku gagal dan tidak lanjut sampe tahap selanjutnya ditahap ini... (terlalu pasif...jarang banget ngomong c...hahaha)

5. Medical Test
Test kesehatan (maaf gtw seperti apa cz udah gagal duluan :)) )

6. Final Interview
Interview akhir neh...bareng boss besar katanya....
klo udah lolos ini langsung deh tanda tangan kontrak....hohohoho

Jangan lupa jaga penampilan, namanya juga calon pegawai bank...penampilan no 1...
- yang cewe harus memakai 3 pc pakaian (rok, kemeja lengan panjang dan blazer)
- yang cowo minimal juga 3 pc pakaian (kemeja lengan panjang, dasi, dan celana)
- sepatu fantofel buat yang cowo dan highheel 5-7 cm buat yang cewe (tertutup)
- jangan lupa pake make up y....(buat yang cewe)

itu sih pengalaman yang pernah aku jalani...moga bermanfaat aja...sayang cm sebagian...karena yang laen gk mengalami..hehehe...

2 komentar:

  1. wah, perjuangan yang sangat keren!!
    aku juga udah pernah ikut mandiri yang back office, tapi gagal di tes kesehatan..
    baru juga ditolak 1kali, tapi udah hopeless..
    setelah baca ni entry, hhmmm, jadi semangat lagi..
    besok aku tes ODP juga, hoahem, do my best lah, soalnya dari awal udah sadar ga bisa bhsa inggris sih, hahahaha..
    skrg kerja dmn gan?? boleh dong aku nyantol juga, hahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. maap baru aktif buka blog lagi...
      saya sdh menyerah mengejar mandiri..hahahha
      akhirnya skrg bekerja jadi abdi bangsa...
      gmn gan? lolos odp mandirinya??

      Hapus